// ----------------------------------------------------------------------------------------------//

Merk Produk

Toilet Training Pada Anak

Pastikan anda sudah Bakul Clodi. Dan dapatkan UPDATE info seputar dunia cloth diaper dan penawaran DISKON yang menarik


tips toilet training pada anak
Anda harus mengetahui masa dimana balita harus menjalani toilet training. Kapankah sebaiknya kita mengajari anak kita untuk menggunakan toilet?. Toilet training dapat dilakukan ketika masa-masa awal fase anal dalam proses perkembangan manusia, Biasanya ketika balita telah berumur 1.5 s.d 3 tahun. Setiap balita memiliki masanya sendiri tergantung kesiapan mental dan fisik masing-masing. Ada yang lebih cepat ada pula yang lambat. Biasanya anak perempuan lebih cepat untuk siap menjalani toilet training dari pada anak laki-laki.

Toilet training membutuhkan kesiapan mental dan fisik. Kesiapan fisik menyangkut kemampuan balita untuk bisa menahan air seni selama beberapa jam. Kemampuan ini terkait dengan perkembangan otot-otot sfingter kandung kemih balita yang sudah kuat untuk menahan air seni. Dan kesiapan secara mental menyangkut kemampuan anak untuk mengenali tanda-tanda ketika mereka akan buang air kecil atau buang air besar. Anak harus memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan ketika akan BAK atau BAB melalui bahasa tubuh, mimik wajah atau dengan kata-kata.

Ada beberapa tanda yang dapat anda amati ketika balita anda mulai menunjukkan kesiapan untuk toilet training:
  • Dapat menahan kencing selama minimal 2 jam dalam beberapa kesempatan
  • Mengkomunikasikan ketika dia ingin buang air kecil maupun buang air besar
  • Memahami bila diajak untuk menggunakan toilet
  • Merasa tidak nyaman apabila popoknya basah dan kotor
  • Mempunyai minat terhadap toilet
Ketika balita sudah menunjukkan tanda-tanda kesiapan, baik secara fisik maupun mental, anda dapat mulai melatihnya dan memfasilitasinya. Seperti menyediakan pispot atau bantal duduk khusus anak untuk diletakkan diatas toilet duduk anda. Apabila menggunakan toilet jongkok, anak dapat langsung jongkok maupun berdiri.

Anda dituntut untuk tekun dan sabar dalam mengajari anak untuk menggunakan toilet dengan benar. Waktu yang dibutuhkan sekitar 3-6 bulan. Bisa lebih cepat juga bisa membutuhkan waktu lebih lama tergantung kemampuan masing-masing anak.

Metode yang digunakan tiap orang mungkin berbeda,namun beberapa tips berikut mungkin berguna untuk anda ketika melatih anak mengenal dan menggunakan toilet dengan benar:
  • Ajari anak tentang kata-kata yang terkait seperti basah, kotor, `ee`, pipis, kebelet dan lainnya.
  • Jelaskan dan beri contoh misalnya bagaimana duduk di toilet, jongkok dan perlihatkan kotoran yang akan dibuang di toilet
  • Jangan paksa anak untuk menggunakan toilet apabila anak merasa enggan menggunakan toilet. Anda dapat membujuknya pelan-pelan. Anda dapat menggunakan toilet apabila anak tidak merasa keberatan.
  • Biarkan anak asyik dan bermain-main dengan toilet. Inilah fase anal dimana anak merasa asyik dan menikmati produknya sendiri (BAB dan BAK)
  • Apabila anak merasa takut dan frustasi, maka hentikanlah sementara proses toilet training. Ambillah jeda waktu dan mulailah kembali supaya anak tidak merasa trauma
  • Seringkali anak merasa penasaran untuk melihat ke bawah untuk mengetahui produknya. Biarkan saja.
  • Ajari dan ikut sertakan anak untuk membersihkan kotoran dan toilet supaya anak menjadi terbiasa.
  • Pastikan bahwa area toilet aman untuk anak. Jauhkan peralatan mandi maupun peralatan toilet lain dari jangkauan anak, supaya tidak dipakai mainan yang mungkin membahayakan.
  • Berikan pujian apabila anak berhasil menjalani dan menggunakan toilet sesuai instruksi yang benar.
Jadi semakin cepat anak bisa menggunakan toilet semakin menyenangkan bagi kita. Ketika anak mulai memasuki usia toilet training atau menunjukkan tanda kesiapan untuk toilet training, sebaiknya kurangi pemakaian popok secara teratur. Disarankan untuk menggunakan Training Pant sebagai latihan untuk melatih kembali kepekaan dan kesadaran akan sensasi basah, kotor dan ketidaknyamanan ketika anak buang air besar maupun buang air kecil. Sekaligus ketika si kecil BAK, pipisnya tidak meluber ke lantai yang akan merepotkan anda, karena training pant didesain memiliki lapisan serap dengan daya tampung sekali pipis.

Demikian, semoga bermanfaat.



Artikel Populer

Customer Service


TELPON: 0813 3507 8203
SMS : 0856 4988 1619 Whatsupp: 0888 3354 502 PIN BB: 7696CDA8
Like Fanpage Yaa!!